PEMANFAATAN PERISTIWA AKTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 6 SEMARANG DAN SMA KESATRIAN 1 TAHUN AJARAN 2012/2013)
Ferry Ardiyanto, 3101409037 (2013) PEMANFAATAN PERISTIWA AKTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 6 SEMARANG DAN SMA KESATRIAN 1 TAHUN AJARAN 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMANFAATAN PERISTIWA AKTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 6 SEMARANG DAN SMA KESATRIAN 1 TAHUN AJARAN 2012/2013))
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemberian materi pelajaran sejarah di sekolah biasanyaberupa peristiwa sejarah saja, sehingga membuat siswa hanya dapat membayangkan materi yang disampaikan guru dalam angan-angan. Hal tersebut membuat siswa sulit menyerap materi sehingga siswa tidak dapat memahami pelajaran. Salah satu cara untuk mengurangi kesulitan itu adalah dengan mengajak siswa pada peristiwa masa sekarang yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang terjadi di sekitar mereka. Upaya guru antara lain yaitu dengan memanfaatkan peristiwa aktual sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar dalam pembelajaran pokok bahasan pergerakan nasional Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA di Kecamatan Semarang Barat? (2) Apa saja kendala guru dalam pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar dalam pembelajaran pokok bahasan pergerakan nasional Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA di Kecamatan Semarang Barat? (3) Bagaimana pemahaman siswa kelas XI IPS SMA di Kecamatan Semarang Barat pada pembelajaran pokok bahasan pergerakan nasional Indonesia dengan pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 6 Semarang dan SMA Kesatrian 1. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah serta siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang dan SMA Kesatrian 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) observasi; (2) wawancara mendalam; (3) dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah SMA Negeri 6 Semarang dan SMA Kesatrian 1 telah memanfaatkan pristiwa aktual sebagai sumber belajar.Dalam pembelajaran pokok bahasan pergerakan nasional Indonesia, guru menyampaikan materi kepada siswa dengan cara mengaitkan materipelajaran dengan peristiwa aktual. Adapun dalam pelaksanaannya guru mengalami kendala dalam pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar, antara lain kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal yang dialami guru yaitu belum dapat menyusun perencanaan pembelajaran secara maksimal, dan keterbatasan guru dalam memperoleh informasi mengenai peristiwa aktual. Kendala eksternal antara lain dari aspek siswa dan alokasi waktu. Terlepas dari kendala yang dialami guru, pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar memberikan dampak positif dalam pembelajaran,yakni membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar membuat siswa dapat melihat peristiwa nyata dan memperoleh pengalaman langsung dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan apa yang mereka pelajari, sehingga siswa memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut; 1) Pemanfaatan peristiwa aktual memberikan dampak positif dalam pembelalajaran sejarah, yaitu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Hal tersebut dapat menjadi masukan bagi kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran sejarah di sekolah; 2) Guru hendaknya melakukan persiapan yang matang dalam menyusun perencanaan pembelajaran, agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kendala-kendala dalam pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar; 3) Pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar membantu siswa dalam memahami pelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik.Untuk itu perlu adanya inovasi yang dilakukan guru dalam pemanfaatan peristiwa aktual sebagai sumber belajar, sehingga diharapkan dapat menunjang prestasi belajar siswa agar lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Peristiwa Aktual, Sumber Belajar. |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2013 17:36 |
Last Modified: | 29 Oct 2013 17:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18149 |
Actions (login required)
View Item |