Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang


Pratiwi Chrisnanda Nurmanuel, 3101409035 (2013) Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang]
Preview
PDF (Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, penggunaan BSE dalam pembelajaran IPS sejarah, serta efektifitas penggunaan Buku Sekolah Elektronik sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, siswa, kepala sekolah, bendahara BOS, petugas perpustakaan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. pemahaman guru dan siswa, penggunaan BSE serta efektifitas penggunaannya merupakan fokus dalam penelitian ini. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode dengan membandingkan kajian pustaka yang digunakan dengan hasil wawancara dan hasil pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru IPS serta siswa kurang memahami tentang BSE, disebabkan kurangnya sosialisasi terkait program BSE dari pemerintah serta sekolah secara intensif kepada guru dan siswa, sehingga diketahui masih terdapat beberapa guru dan siswa yang hanya mengetahui BSE versi cetakannya saja. (2) Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS sejarah di SMP Negeri 1 Batang belum terlaksana dengan baik dan optimal, dikarenakan dalam penggunaannya cenderung bersifat konvensional artinya pembelajaran IPS sejarah dengan menggunakan BSE terkesan seperti pembelajaran berbasis buku teks. (3) Penggunaan BSE sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS sejarah belum efektif dilaksanakan, dikarenakan kurangnya pemahaman guru dan siswa mengenai BSE, kurangnya pemanfaatan fasilitas-fasilitas sekolah guna mendukung pembelajaran elektronik khususnya penerapan sistem BSE.. Saran yang diberikan penulis yaitu (1) bagi guru IPS, agar terampil dan kreatif dalam menggunakan BSE sebagai sumber belajar, lebih inovatif dalam menggunakan metode, sumber dan media pembelajaran dengan bantuan teknologi. (2) bagi siswa, agar kreatif dan aktif dalam menggunakan sumber belajar dengan berbantuan teknologi. (3) bagi SMP Negeri 1 Batang, agar mengadakan sosialisasi mengenai BSE dan (4) bagi Dinas Pendidikan, mengadakan sosialisasi, pengawasan, pelatihan, dan evaluasi terkait program BSE.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar, Pembelajaran IPS Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2013 17:18
Last Modified: 29 Oct 2013 17:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item