PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP SE-KECAMATAN TENGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Arifiani Nourmalia, 3101409030 (2013) PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP SE-KECAMATAN TENGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP SE-KECAMATAN TENGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memiliki pengaruh yang besar dalam kaitannya dengan kemajuan bangsa dan negara termasuk untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial itu sendiri yang meliputi sejarah, geografi, dan ekonomi. Suatu sistem pendidikan tidak bisa terlepas dari adanya kebijakan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi terpadu dan sudah tidak lagi terpecah-pecah atau terpisah seperti pada kurikulum yang berlaku sebelumnya. Penerapan kurikulum tersebut menimbulkan beberapa permasalahan terhadap pengaplikasian pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pembelajaran IPS Terpadu khususnya di SMP Se- Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui perencanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Se-Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Se-Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi guru IPS Terpadu dalam pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Se-Kecamatan Tengaran. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Se-Kecamatan Tengaran masih belum sempurna melihat bagaimana RPP dan silabus yang digunakan belum terpadu. Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Se-Kecamatan Tengaran belum berjalan tepat sesuai dengan apa yang diharapkan karena guru masih mengajarkan materi IPS secara terpisah dan belum terpadu. Hambatan yang dihadapi guru lebih berkaitan dengan latar belakang pendidikan guru yang pada dasarnya berasal dari satu bidang saja namun harus mengajarkan 3 mata pelajaran sekaligus, hal tersebut mempengaruhi adanya ketidaksempurnaan dalam pembelajaran IPS Terpadu tersebut. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebaiknya untuk pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu itu sendiri akan lebih baiknya jika sebelum mengubah suatu kebijakan dalam suatu pendidikan maka perbaiki dimulai dari lembaga yang terkecil dulu kemudian ke lembaga yang lebih besar lagi. Kalaupun pembelajaran IPS Terpadu tersebut tetap diterapkan maka untuk pengajarnya juga dari pengajar yang berlatar pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Hal itu untuk meminimalisir adanya hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di sekolah tingkat satuan pendidikan menengah pertama karena sebaik apapun kebijakan itu kalau ujung tombaknya tidak dipersiapkan maka kebijakan juga tidak akan berjalan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, IPS Terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2013 17:14 |
Last Modified: | 29 Oct 2013 17:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18143 |
Actions (login required)
View Item |