PENERAPAN BERMAIN BOLAVOLI API UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUKTIHARJO LOR KOTA SEMARANG TAHUN 2013

: DHERI PUJI SANTOSO, 6101911177 (2013) PENERAPAN BERMAIN BOLAVOLI API UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUKTIHARJO LOR KOTA SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN BERMAIN BOLAVOLI API UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUKTIHARJO LOR KOTA SEMARANG TAHUN 2013)
Download (4Mb)

    Abstract

    Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan aktvitas siswa SD Negeri Muktiharjo Lor Kota Semarang, dalam pembelajaran Penjasorkes materi bola voli salah satunya disebabkan oleh kurang aktifnya siswa terhadap pembelajaran, siswa sering gagal melakukan gerakan passing dan servis bawah saat bermain bola voli yang baku, banyak waktu yang terbuang ketika pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa dengan pembelajaran melalui penerpan bermain bola voli api dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri Muktiharjo Lor Semarang. Penelitian menggunakan metode Kualitatif, dilaksanakan di SD Negeri Muktiharjo Lor Kota Semarang dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Obyek penelitian menerapkan bermain bolavoli api didalam pembelajaran penjasorkes. Tempat penelitian di halaman SD Negeri Muktiharjo Lor.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tertulis yang meliputi aspek kognitif tentang pengetahuan anak didalam pembelajaran, tes observasi yang meliputi aspek afektif anak, tes observsi praktek meliputi aspek perkembangan gerak anak dan dokumentasi. Temuan selama pelaksanaan penelitian dibahas bersama dengan teman sejawat (kolabolator). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil aktivitas siswa terjadi peningkatan yang awalnya pada siklus I rata – rata 74 pada siklus II 78, prosentase ketuntasan aspek siklus I kognitif : 65%, afektif: 46%, psikomotor: 34%, pada siklus II kognitif: 100%, afektif: 94%, psikomotor: 91%.hasil ketuntasan belajar pada siklus I 41% pada siklus II 91%, nilai tertinggi 81 dan terendah 75 sesuai dengan KKM adalah 75 dan telah melewati kriteria ketuntasan proses pembelajaran minimal 75% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui pendekatan bermain bolavoli api, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IV SD Negeri Muktiharjo Lor dalam pembelajaran bolavoli meningkat. Saran bagi guru sebaiknya dalam pembelajaran bolavoli salah satunya melalui pendekatan bermain bolavoli api agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bolavoli Dengan Bermain Bolavoli Api.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:19
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:19

    Actions (login required)

    View Item