MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI GAWANG PANTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PASEKARAN 01 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
IKA RESTY NOFIYANI, 6101911174 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI GAWANG PANTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PASEKARAN 01 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI GAWANG PANTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PASEKARAN 01 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah masih banyaknya siswa yang kurang sungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran sepak bola, hal tersebut ditunjukan bahwa masih rendahnya motivasi siswa dalam bermain sepak bola kurangnya pengembangan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru pembimbing dan pada akhirnya siswa merasa kurang senang terhadap pembelajaran yang dihadapi. Rumusan masalah dari penelitian ini diteliti melalui modifikasi gawang pantul. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas V SD N Pasekaran 01 dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkkan dengan hasil unjuk kerja, sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui modifikasi gawang pantul sedangkan subjeknya adalah siswa kelas V SD N Pasekaran 01 Kecamatan Batang Kabupaten Batang yang berjumlah 28 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran sepak bola gawang pantul maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Pada kondisi awal hasil belajar siswa menunjukan hanya 6 siswa (21.43%) yang telah tuntas dari KKM yang diharapkan yaitu 75, sedangkan 22 siswa masih dibawah KKM. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran sepak bola gawang pantul dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 89,29% setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 dari 28 siswa (64,29%) dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 25 dari 28 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 89,29%. Kesimpulan peneliti ini adalah melalui modifikasi gawang pantul dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas V SD N Pasekaran 01 Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2012/2013. Saran penelitian ini pembelajaran dengan metode yang lebih bervariatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sepak, Bola, Gawang, Pantul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 17:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 17:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18140 |
Actions (login required)
View Item |