FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN DEMAK SKRIPSI Diajukan dalam rangka menyelesaikan studi strata satu Untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi


Daniel Sitindaon , 7450406030 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN DEMAK SKRIPSI Diajukan dalam rangka menyelesaikan studi strata satu Untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN DEMAK SKRIPSI Diajukan dalam rangka menyelesaikan studi strata satu Untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN DEMAK SKRIPSI Diajukan dalam rangka menyelesaikan studi strata satu Untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi)
Download (562kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembangunan suatu daerah dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan merupakan kondisi utama bagi kelangsungan pembangunan ekonomi. Komponen non ekonomi seperti pertumbuhan penduduk, tenaga kerja berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan penduduk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dapat sebagai penghalang bagi pertumbuhan ekonomi. Jika laju demografi kependudukan tidak terkontrol dengan baik dikawatirkan akan berdampak signifikan terhadap produksi daerah yang dilihat dari PDRB Harga Konstan. Salah satu penyebab prospek pembangunan semakin jauh adalah karena adanya pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, terkonsentrasinya penduduk didaerah perkotaan, dan beban tanggungan hidup yang harus ditanggung penduduk usia produktif. Dalam penelitian ini, digunakan metode destkriptif dan kuantitatif, yaitu mendiskripsikan suatu permasalahan dengan menganalisis data dan hal-hal yang berhubungan dengan angkaangka atau rumus-rumus perhitungan yang digunakan untuk menganalisis masalah yang sedang diteliti. Adapun metode analisis yang digunakan peneliti yaitu dengan metode OLS. Hasil penelitian dari pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variable pertumbuhan penduduk berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Demak, yang artinya peningkatan pertumbuhan penduduk akan menghambat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Demak. Angka Ketergantungan (dependency ratio) tidak berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Demak. Sedangkan, tenaga kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Demak, yang artinya peningkatan jumlah tenaga kerja akan mendorong naiknya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Demak. Saran yang dapat dikemukakan dari penelitian ini antara lain : (1) pertumbuhan penduduk berpengaruh negative terhadap pertumbuhan ekonomi, untuk menanggulangi masalah tersebut pemerintah hendaknya dapat menyelenggarakan program peningkatan keterampilan kerja masyarakat melalui Balai Latihan Kerja (BLK) serta melaksanakan atau mengadakan program padat karya sebagai usaha agar lebih mengedepankan penggunaan dan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah banyak dibandingkan dengan modalnya. (2) Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dapat diwujudkan dengan kebijakan perluasan kesempatan kerja (mengurangi tingkat pengangguran) dan memaksimalkan investasi yang produkif di berbagai sektor ekonomi. Pertumbuhan ekonomi tergantung pada pertambahan penyediaan faktor-faktor produksi (penduduk, tenaga kerja, dan akumulasi modal) dan tingkat kemajuan teknologi. Pembentukan modal menghasilkan kemajuan teknik yang menunjang tercapainya ekonomi produksi skala luas dan meningkatkan spesialisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, angka ketergantungan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:19
Last Modified: 31 Oct 2013 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item