IMPLEMENTASI PROGRAM PENYALURAN DANA PNPM KP PUGAR ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT) DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - 2012


Hariyanto, 7450406022 (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM PENYALURAN DANA PNPM KP PUGAR ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT) DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM PENYALURAN DANA PNPM KP PUGAR ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT) DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - 2012]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM PENYALURAN DANA PNPM KP PUGAR ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT) DI DESA ASEMPAPAN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN 2011 - 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sektor pertanian garam di Kabupaten Pati mempunyai peran yang penting dalam kegiatan perekonomian masyarakat di daerah pesisir. Dan merupakan salah satu sektor unggulan bagi masyarakat pesisir di Kabupaten Pati karena Kabupaten Pati merupakan salah satu sentra industri garam di jawa tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan PNPM KP PUGAR di Desa Asempapan. Manfaat Dana Bantuan Pugar terhadap peningkatan produktifitas petambak garam dan pendapatan petambak garam serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukandi Desa Asempapan Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Data primer dari wawancara langsung dengan petambak garam, tim pendamping dan tim teknis/pengawas. Data sekunder yang diperoleh dari intansi yang terkait seperti: Dinas Kelautan dan Perikanan, kantor Kelurahan,BPS, serta berbagai sumber yang relevan dengan penelitian tentang pertanian garam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa Mekanisme Program Penyaluran Dana Bantuan PNPM KP PUGAR di Desa Asempapan telah dilaksanakan secara utuh sesuai dengan peraturan yang berlaku. Walaupun ada sedikit kurang koordinasi dalam sosialisasi program ini. Dana Bantuan PNPM KP PUGAR bermanfaat membantu masalah keuangan ( permodalan ) dan meningkatkan produktifitas petambak garam. Dalam pelaksanaan Program penyaluran Dana Bantuan terdapat dua kendala yaitu kendala teknis dalam pelaksanaan penyaluran Dana Bantuan dan kendala dalam pengembangan usaha garam rakyat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Dana Bantuan Pugar, Pertanian Garam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:23
Last Modified: 31 Oct 2013 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item