PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA SMP NEGERI 3 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN SKRIPSI


Sholahuddin Marwan, 3101408037 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA SMP NEGERI 3 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA SMP NEGERI 3 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN SKRIPSI]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA SMP NEGERI 3 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN SKRIPSI)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik mutlak diperlukan guru untuk keberhasilan pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan. Tanpa pedagogik, proses pembelajaran dan pendidikan hanya akan jalan di tempat, tidak ada tanda-tanda dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru IPS Sejarah di SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester ganjil, tahun ajaran 2012/2013, (2) bagaimana hasil belajar IPS Sejarah siswa di SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester ganjil, tahun ajaran 2012/2013, dan (3) bagaimana pengaruh persespsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester ganjil, tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan keseluruhan siswa SMP Negeri 3 Tegowanu kelas IX (sembilan) yang berjumlah 77 siswa sebagai objek penelitiannya. Dengan catatan untuk mempermudah peneliti mengolah data diambil sempel sebanyak 75 siswa, dengan menggunakan angket untuk pengumpulan data. Variabel yang dibahas dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik) dan variabel terikat (hasil belajar siswa). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier sederhana, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi = 10,884+0,766 X, sehingga terdapat pengaruh yang berarti. Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar sebesar 34,6%. Hasil uji t atau secara parsial diperoleh t hitung sebesar 6.217 dengan probelitas 0.000< 5%, maka dengan demikian Ha diterima yang berarti ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Kompetensi pedagogik guru IPS Sejarah di SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester ganjil 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari persentase secara klasikal kompetensi pedagogik guru sebesar 73.33%. Hasil belajar, diilihat dari hasil belajar peserta didik sebanyak 81,33% siswa telah mencapai ketuntasan. Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS Sejarah siswa SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester ganjil 2012/2013. Oleh karena itu, hendaknya guru IPS sejarah SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan disarankan untuk mempertahankan kompetensi mengajarnya khusnya kompetensi pedagogik. Karena terbukti kompetensi pedagogik guru berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan hasil belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:23
Last Modified: 31 Oct 2013 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item