UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN ROK GEBUG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHJATI KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


MELATI DEVIANA PRAMUKA, 6101911170 (2013) UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN ROK GEBUG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHJATI KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN ROK GEBUG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHJATI KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN ROK GEBUG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHJATI KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Peningkatan Gerak Dasar melalui Permainan Rok Gebug Pada Siswa Kelas V SD Negeri Dukuhjati Kidul 02 Kabupaten Tegal Tahun 2013. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Dukuhjati Kidul 02 Kabupaten Tegal sejumlah 32 siswa. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk PTK terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini menggunakan check list untuk mencatat sikap dan kejadian yang terjadi dalam pembelajaran yang dipandang penting dan telah ditetapkan akan diselidiki. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa kelas V SD Negeri Dukuhjati Kidul 02 Kabupaten Tegal menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar kognitif siswa mencapai 68,75%, hasil belajar siswa pada aspek afektif mencapai 70,62% dan hasil belajar aspek psikomotor mencapai 56,25%.Setelah dilakukan perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk semua aspek, yaitu untuk aspek kognitif menjadi 84,68%, untuk aspek afektif menjadi 79,06% dan aspek psikomotor menjadi 82,61%. Beberapa saran peneliti antara lain, pembelajaran gerak dasar dengan pendekatan permainan rok gebug dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan. Karena dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa melalui bermain dan pengembangan keterampilan serta sikap ilmiah yang baik bagi siswa. Juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi sarana dan prasarana yang kurang mendukung di sekolah sehingga dapat diterapkan sebagai variasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Dasar Melalui Permainan Rok Gebug
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:20
Last Modified: 31 Oct 2013 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18129

Actions (login required)

View Item View Item