PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG


Feby Widhi Setyo Utomo, 3101408105 (2013) PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajaran sejarah sering dianggap sebagai pelajaran hafalan dan membosankan. Berbagai kendala dan faktor-faktor yang menyebabkan tidak optimalnya pembelajaran sejarah menuntut diperlukannya perubahan dalam pembelajaran sejarah yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memperbaiki pembelajaran sejarah. E-learning menjadi alternatif dalam pembelajaran sejarah mengingat akses informasi melalui internet yang tidak terbatas selayaknya dapat dimanfaatkan oleh siswa, khususnya agar siswa dapat memperoleh kebermaknaan dari mata pelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran e- Learning dan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrument dan diuji dengan menggunakan validitas instrument dan realibilitas instrument. Analisis data dengan menghitung normalitas, homogenitas varians, perbedaan rata-rata hasil test, dan uji-t. Langkah selanjutnya adalah menganalisis perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran e-Learning dengan model pembelajaran konvensional metode ceramah. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan pembelajaran secara signifikan dimana ditunjukkan dengan bedasarkan hasil Uji-T nilai dari sig adalah 0,03 < α dengan α = 0.05, maka H1 diterima, dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran e-learning dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional/ceramah. Analisis data akhir (post test) kelompok eksperimen kelas (XI IPS 2) dengan perlakuan pembelajaran e-learning menunjukkan skor rata-rata minat siswa dalam belajar sejarah sebesar 79,9%. Sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol kelas (XI IPS 4) dengan metode ceramah menunjukkan skor 69,3 %. Maka disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, E-learning.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2013 16:01
Last Modified: 29 Oct 2013 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item