PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TPS MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV MIN GABUGAN TANON


UNUN NUR MU’ASAROH, 1401910028 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TPS MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV MIN GABUGAN TANON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TPS MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV MIN GABUGAN TANON]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TPS MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV MIN GABUGAN TANON)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV MIN Gabugan Matematika dianggap mata pelajaran yang paling sulit oleh siswa sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini ditunjukan dari 28 siswa, yang mendapatkan nilai di atas 60 ada 10 siswa dan 18 siswa mendapatkan nilai di bawah 60. Nilai tersebut tidak sesuai dengan kriteriaketuntasan minimal (KKM) untuk mata pembelajaran matematika yaitu 60. Model pendekatan TPS menggunakan CD Pembelajaran merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dalam menerapakan model pendekatan TPS menggunakan CD Pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Gabugan yang terdiri dari 28 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 11 siswa dan 17 siswa perempuan serta seorang guru kelas IV MIN Gabugan. Variabel / faktor yang diselidiki penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan foto kegiatan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan guru yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 30 dengan kriteria baik, pada siklus II skor rata-rata adalah 35 dengan kritera sangat baik dan pada siklus III skor rata-rata adalah 38 dengan criteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatkan yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 17,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II skor rata-rata adalah 22,3 dengan kriteria baik, dan pada siklus III skor rata-rata adalah 24,6 dengan kriteria sangat baik.Pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 35,7%, siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 71,4%, dan untuk siklus III ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 92,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian mengenai peningkatan kualitas pembelajaran matematika melaluipendekatan model TPS menggunakan CD Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV MIN GabuganTanon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model TPS, CD Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:28
Last Modified: 31 Oct 2013 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item