PENGARUH PENDEKATAN DRILL DENGAN MATCH CARD SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KERAJAAN-KERAJAAN BERCORAK HINDHU-BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013


Hanika Hermawan, 3101408086 (2013) PENGARUH PENDEKATAN DRILL DENGAN MATCH CARD SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KERAJAAN-KERAJAAN BERCORAK HINDHU-BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN DRILL DENGAN MATCH CARD SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KERAJAAN-KERAJAAN BERCORAK HINDHU-BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN DRILL DENGAN MATCH CARD SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KERAJAAN-KERAJAAN BERCORAK HINDHU-BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di Indonesia yang umumnya menekankan pada ceramah, menyebabkan siswa tidak terlatih untuk aktif mengembangkan daya nalarnya. Pembelajaran yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran sejarah menggunakan pendekatan drill dengan match card dalam mempelajari materi sejarah dan berlatih soal-soal sejarah memungkinkan siswa untuk dapat belajar dan berlatih dengan suasana menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan drill dengan match card sebagai media Chemo-Edutainment (CET) terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yang menggunakan soal dan angket sebagai alat pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA 1 Demak, sementara sampelnya adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Hasilnya, siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan pendekatan drill dengan match card memiliki nilai rata-rata sangat tinggi yaitu sebesar 80,39. Sementara untuk siswa kelas XI IPA 5 dengan menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata-rata 76,47. Untuk menghitung pengaruh menggunakan analisis regresi, sehingga pengaruh pendekatan drill dengan match card sebesar 51,74%. Simpulan, rata-rata nilai siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan drill dengan match card sebesar 80,39. Sedangkan rata-rata nilai siswa kelas XI IPA 5 yang menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata 76,47. Dengan demikian kontribusi pendekatan drill dengan match card terhadap hasil belajar sejarah adalah sebesar 51,74 %, maka pengaruh pendekatan drill dengan match card terhadap hasil belajar siswa bisa dikatakan signifikan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru harus dapat memilih metode pembelajaran sejarah yang tepat, (2) perencanaan pembelajaran dengan pendekatan drill dengan match card sebagai media Chemo-Edutainment (CET) harus dibuat lebih matang terutama dalam hal perencanaan waktu yang disesuaikan dengan tingkat kesukaran materi dan kondisi awal siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: pendekatan drill; media match card; media Chemo-Edutainment (CET); hasil belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Oct 2013 15:52
Last Modified: 29 Oct 2013 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18115

Actions (login required)

View Item View Item