PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN SOCCER BALL BOUNCE PADA SISWA KELAS V III SMP N 13 MAGELANG

Aditya Galih Kusuma Putra , 6101408012 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN SOCCER BALL BOUNCE PADA SISWA KELAS V III SMP N 13 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN SOCCER BALL BOUNCE PADA SISWA KELAS V III SMP N 13 MAGELANG )
Download (2382Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran penjas yang tidak berjalan dengan baik. Pembelajaran dilakukan secara konvesional tanpa melakukan suatu variasi dan pengembangan model pembelajaran. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana menghasilkan pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui permainan “ soccer ball bounce ” pada siswa kelas VIII SMP N 13 Magelang Kota Magelang Tahun Ajaran 2012 ? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model permainan yaitu model permainan “ soccer ball bounce ” dalam proses pembelajaran sepakbola pada siswa kelas VIII SMP N 1 3 Magelang Kota Magelang Tahun ajaran 2012. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjas, serta uji coba lapangan skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji coba lapangan skala besar, (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir model permainan soccer ball bounce pada siswa kelas V III . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V III SMP N 13 Magelang. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji lapangan (30 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang telah menggunakan produk . Dari data hasil penelitian, data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 76% (baik), ahli pembelajaran 84% (baik), dari uji coba skala kecil didapat hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 82,33% (baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan skala besar dari hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 84,89% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan “ soccer ball bounce ” ini dapat diterapkan untuk siswa kelas V III SMP N 13 Magelang. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SMP N 13 Magelang agar model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian pembelajaran dengan adanya model permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik dan variatif

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Sepakbola; Permainan Soccer Ball Bounce
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:30
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:31

    Actions (login required)

    View Item