PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SLARANG LOR 02 TEGAL


Dwi Ardian Rinaldi, 1401909097 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SLARANG LOR 02 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SLARANG LOR 02 TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SLARANG LOR 02 TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan perolehan hasil nilai ulangan umum semester I pada tahun 2011/2012 dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar menulis deskripsi adalah 58, sedangkan KKM yang harus dicapai adalah 61. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Slarang Lor 02 perlu digunakan model pembelajaran kontekstual. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil dan proses belajar siswa dalam menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktifitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Slarang Lor 02 dalam menulis deskripsi menggunakan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I, dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Slarang Lor 02 Tegal. Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan berupa tes esai. Teknik nontes berupa observasi aktifitas siswa dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik. Kedeua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil prasiklus dengan siklus I dan siklus II. Hasil peneltian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I, dan siklus II, baik hasil tes maupun hasil nontes. Dari hasil tes dapat diketahui peningkatan nilai menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siklsus I sebesar 67, pada siklus II naik menjadi 69. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam menulis deskripsi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas IV SD Negeri Slarang Lor 02 Tegal menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan model pembelajaran kontekstual. Simpulan peneliti adalah kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Slarang Lor 02 Tegal meningkat setelah menggunakan model pemebelajaran kontekstual. Saran bagi sekolah hendaknya memberi kesempatan guru untuk mengadakan penelitian dan menyediakan sarana penunjang pembelajaran. Bagi guru, hendaknya dapat berpikir kreatif, inovatif, dan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Menulis Deskripsi, dan Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:32
Last Modified: 31 Oct 2013 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item