PEMBELAJARAN PASSING DAN CONTROL MELALUI MEDIA PERMAINAN KUCING-KUCINGAN BAGI SISWA KELAS V SDN PECABEAN 02 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013

ARIF HIDAYATULLOH, 6101911162 (2013) PEMBELAJARAN PASSING DAN CONTROL MELALUI MEDIA PERMAINAN KUCING-KUCINGAN BAGI SISWA KELAS V SDN PECABEAN 02 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN PASSING DAN CONTROL MELALUI MEDIA PERMAINAN KUCING-KUCINGAN BAGI SISWA KELAS V SDN PECABEAN 02 KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (4Mb)

    Abstract

    Dalam pembelajaran pendidikan jasmani ada beberapa kendala yang terjadi di dalam proses pembelajaran passing dan control dalam sepak bola pada siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal Tahun 2013. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penelitian tindakan kelas, membuat suatu model pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan model pembelajaran pendekatan bermain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran passing dan control melalui media permainan kucing-kucingan dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar bagi siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal 2013? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran passing dan control melalui media permainan kucing-kucingan dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar bagi siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal Tahun 2013 dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal Tahun 2013. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Nilai rata-rata hasil belajar passing dan control pada siklus pertama (73,01), siklus kedua (82,94). Sehingga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua sebesar (9,93). Sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus pertama 10 siswa (59%) dan siklus kedua 14 siswa (882%). Kesimpulan penelitian ini, bahwa pembelajaran passing dan control melalui media bermain kucing-kucingan bagi siswa kelas V SDN Pecabean 02 Kabupaten Tegal tahun 2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar setiap guru pendidikan jasmani selalu kreatif dan inovatif dalam membuat model-model pembelajaran, dengan tujuan hasil belajar siswa dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, bermain kucing-kucingan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:32
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:32

    Actions (login required)

    View Item