KOLASE: PEMANFAATAN PELEPAH PISANG SEBAGAI MEDIA BERKARYA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IX G SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN


Teguh Yulianto, 2401408014 (2013) KOLASE: PEMANFAATAN PELEPAH PISANG SEBAGAI MEDIA BERKARYA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IX G SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOLASE: PEMANFAATAN PELEPAH PISANG SEBAGAI MEDIA BERKARYA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IX G SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (KOLASE: PEMANFAATAN PELEPAH PISANG SEBAGAI MEDIA BERKARYA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS IX G SMP N 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (18MB) | Preview

Abstract

Tanaman pisang banyak ditemukan di lingkungan sekitar SMP N 1 Kesesi, namun hanya dimanfaatkan buah dan daunnya saja. Berdasarkan hal tersebut, Guru Seni Budaya SMP N 1 Kesesi memanfaatkan pelepah pisang sebagai media berkarya dua dimensi teknik kolase dalam pembelajaran seni rupa. Kolase merupakan salah satu teknik dalam berkarya seni dengan cara menempelkan bahan-bahan selain cat pada bidang datar. Penelitian ini mengkaji tiga permasalahan, yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan pelepah pisang sebagai media berkarya dua dimensi teknik kolase pada siswa kelas IX G SMP N 1 Kesesi?, (2) bagaimana hasil karya siswa kelas IX G SMP N 1 Kesesi dalam memanfaatkan pelepah pisang sebagai media berkarya dua dimensi teknik kolase?, dan (3) apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa dengan memanfaatkan pelepah pisang sebagai media berkarya dua dimensi teknik kolase pada siswa kelas IX G SMP N 1 Kesesi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) pembelajaran ini dapat berguna sebagai pengenalan media berkarya dan penguasaan teknik kolase pada siswa dengan memanfaatkan pelepah pisang, namun perlu adanya suatu perencanaan yang tepat terkait dengan kompetensi dasar yang harus dicapai, (2) hasil karya dua dimensi teknik kolase pada siswa kelas IX G SMP N 1 Kesesi menunjukkan bahwa siswa telah dapat menerapkan teknik kolase dalam berkarya dua dimensi yang ditandai oleh persentase karya dengan kategori baik lebih besar dari persentase karya dengan kategori cukup, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yakni berkenaan dengan alokasi waktu pembelajaran dan kendala yang dialami siswa dalam proses pembuatan karya. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) guru hendaknya perlu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran, (2) guru perlu menetapkan kriteria penilaian yang tepat dalam melakukan evaluasi hasil karya siswa, dan (3) guru hendaknya memberikan tema yang lebih luas untuk memotivasi, menumbuhkan kreativitas, dan memberikan kebebasan berekspresi bagi siswa jika siswa telah mengenal dan menguasai media berkarya dua dimensi teknik kolase.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kolase, Pelepah Pisang, Media Berkarya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:33
Last Modified: 31 Oct 2013 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item