KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGANGSA KULON 01 KABUPATEN BREBES


Menik Kusmami, 1401409403 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGANGSA KULON 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGANGSA KULON 01 KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGANGSA KULON 01 KABUPATEN BREBES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu mata pelajaran yang wajib terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Dalam pembelajaran PKn, guru masih selalu menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung mempunyai kesan monoton dan didominasi oleh guru. Pembelajaran yang demikian akan membuat siswa jenuh. Model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan penggunaan model pembelajaran CRH dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas V yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan yang menggunakan metode ceramah pada materi Kebebasan Berorganisasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Kabupaten Brebes yang berjumlah 47 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas, dengan 25 dari kelas VA dan 22 dari VB. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan pertama sebesar 75,6% dan pertemuan kedua yaitu 87,6%. Keduanya termasuk kriteria sangat tinggi, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 72,95% dan pertemuan kedua sebesar 73,86%. Keduanya termasuk kriteria tinggi. Ini membuktikan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan di kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,854 dan signifikannya sebesar 0,007. Harga ttabel dengan dk = 45 dan α = 0,05 yaitu 2,014. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,854 > 2,014) atau signifikannya 0,007 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Kabupaten Brebes yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:33
Last Modified: 31 Oct 2013 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item View Item