Model Pengembangan Permainan B ulutangkis ” Minton Mini” Dalam Penjasorkes Siswa K elas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang Tahun 201


Ridlo Jauhari, 6101408004 (2012) Model Pengembangan Permainan B ulutangkis ” Minton Mini” Dalam Penjasorkes Siswa K elas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang Tahun 201. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pengembangan Permainan B ulutangkis ” Minton Mini” Dalam Penjasorkes Siswa K elas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang Tahun 201]
Preview
PDF (Model Pengembangan Permainan B ulutangkis ” Minton Mini” Dalam Penjasorkes Siswa K elas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang Tahun 201)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya modifikasi dalam pembelajaran penjas, pembelajaran penjas yang membosankan, jarang diberikannya materi tentang bulutangkis karena terbatasnya sarana dan prasarana. Permasalahan skripsi ini tentang bagaimana bentuk model permainan minton mini dalam pembelajaran penjasorkes kelas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bentuk model permainan bulutangkis minton mini dalam pembelajaran penjasorkes kelas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall. (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan penjas dan dua ahli pembelajaran penjas SMP, serta uji coba lapangan skala kecil (15 siswa), dengan menggunakan kuesioner dan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji coba lapangan skala besar (36 siswa), (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir model permainan bulutangkis minton mini bagi siswa kelas VII SM P yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Teuku Umar Kota Semarang berjumlah 216 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas I 95% ( sangat baik), ahli pembelajaran I 90% (baik), ahli pembelajaran II 93,33 % (sangat baik), dari uji coba lapangan skala kecil didapat hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 89,09 % (baik), dan persentase rata-rata denyut nadi setelah melakukan permainan meningkat menjadi 54,58%. Sedangkan untuk uji coba lapangan skala besar didapat hasil evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 96,6 % ( sangat baik), ahli pembelajaran I 91,6 % ( sangat baik), ahli pembelajaran II 93,3% (sangat baik). Dari hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 90,43% (baik), dan persentase rata-rata denyut nadi setelah melakukan permainan meningkat menjadi 69,08 %. Besrdasarkan data yang ada, diharapkan guru pendidikan jasmani di SMP Teuku Umar Kota Semarang untuk menggunakan produk model permainan bulutangkis minton mini ini pada siswa kelas VII SMP sebagai alternatif penyampaian materi bulutangkis dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan Permainan Bulutangkis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:35
Last Modified: 31 Oct 2013 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item