KEEFEKTIFAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI UNSUR CERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL

Ahmad Zakki Amani, 1401409400 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI UNSUR CERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI UNSUR CERITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (2005Kb)

    Abstract

    Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak materi unsur cerita. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan strategi ekspositori. Kegiatan siswa hanya mendengarkan apa yang guru sampaikan sehingga mengakibatkan siswa bosan dan hasil belajar siswa aspek keterampilan menyimak tidak maksimal. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif strategi pembelajaran, yaitu strategi catatan terbimbing. Strategi catatan terbimbing merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan strategi catatan terbimbing dibandingkan dengan penerapan strategi ekspositori. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pesarean 01 yang berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebanyak 21 siswa dan sampel kelas VB sebanyak 27 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, tes, dan dokumentasi. Sebelum diujikan instrumen penelitian diujicobakan kemudian dilanjutkan dengan menalisis instrumen. Analisis statistik instrumen yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan strategi catatan terbimbing dengan pembelajaran yang menerapkan strategi ekspositori. Ini dibuktikan dengan penghitungan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20, nilai thitung > ttabel yaitu 2,251 > 2,013 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,029. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa kelas V yang signifikan antara pembelajaran dengan menerapkan catatan terbimbing dan pembelajaran yang menerapkan strategi ekspositori. Hal ini menunjukkan strategi catatan terbimbing efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V materi unsur cerita. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru dan sekolah untuk menggunakan strategi catatan terbimbing sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Catatan Terbimbing, Hasil Belajar, Keefektifan
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:36
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:36

    Actions (login required)

    View Item