PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG


LUCI TRI WIJAYANTI, 1401409397 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Pada awalnya, pembelajaran kurang berkualitas, dimana guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif serta belum menggunakan media pembelajaran. Siswa kurang antusias terhadap pembelajaran IPS sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa rendah, yaitu dari 30 siswa hanya 11 siswa (37%) yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 62. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sebuah tindakan yaitu dengan menerapkan model Cooperative Script dengan media audiovisual. Rumusan masalah: apakah model Cooperative Script dengan media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01melalui model Cooperative Script dengan media audiovisual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama III siklus, tiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan tahap masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah guru kelas V serta seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Variabel penelitiannya adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh skor 34 yang masuk dalam kategori baik (B), pada siklus II memperoleh skor 39 yang termasuk dalam kategori baik (B), dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III dengan mendapatkan skor 47 yang masuk dalam kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15 yang masuk dalam kategori cukup (C), kemudian meningkat pada siklus II memperoleh skor 21 yang termasuk dalam kategori baik (B), dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III dengan mendapatkan skor 23 yang masuk dalam kategori sangat baik (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa, siklus I, diperoleh persentase ketuntasan 66%, pada siklus II diperoleh 73%, dan pada siklus III diperoleh 83%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Script dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam kegiatan pembelajaran guru dapat menerapkan model cooperative script dengan media audiovisual sebagai salah satu model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Model cooperative script dengan media audiovisual dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya dengan disesuaikan pada materi dan kondisi belajar siswa. Model ini juga merupakan solusi bagi guru karena mampu meningkatkan keaktifan dan minat siswa dalam belajar sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, IPS, Model Cooperative Script, Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:36
Last Modified: 31 Oct 2013 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item