PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IIIA SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHTENGAH 02 KABUPATEN BREBES

Arif Rakhman Hakim, 1401409396 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IIIA SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHTENGAH 02 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IIIA SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHTENGAH 02 KABUPATEN BREBES)
Download (1727Kb)

    Abstract

    Hasil pengamatan di lapangan siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar menulis narasi. Hal ini berdasarkan pada hasil tes formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan, beberapa siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Kurang berhasilnya pembelajaran Bahasa Indonesia disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IIIA SDN Dukuhtengah 02 Kabupaten Brebes. Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian. Teknik nontes berupa observasi dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai tes pratindakan sebesar 58,04 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 81,96 termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata hasil belajar menulis narasi dari pratindakan ke siklus I sebesar 23,92 poin. Pada siklus II nilai rata mencapai 82,69 mengalami peningkatan sebesar 0,73 poin. Simpulan peneliti setelah membandingkan hasil belajar menulis narasi siswa kelas IIIA SD Negeri Dukuhtengah 02 Kabupaten Brebes menunjukkan peningkatan setelah menggunakan model picture and picture. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran menulis narasi diantaranya dengan penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Narasi, Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Picture and Picture,
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:36
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:36

    Actions (login required)

    View Item