EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN E – LEARNING MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 SEMARANG


Heros Satrio Wibowo, 3101408113 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN E – LEARNING MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN E – LEARNING MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGUNAKAN E – LEARNING MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Melalui e-learning materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Di samping itu, materi yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dengan cepat dapat diperbaharui oleh pengajar. Hasil dari observasi awal mengenai proses pembelajaran, SMA Negeri 9 Semarang belum mengunakan model pembelajaran berbasis elektronik atau e-learning padahal fasilitas untuk pengadaan model pembelajaran e-learning sangat memadai seperti: hostpot area, LAN, projector, computer dan sebagainya. Banyaknya keunggulan dari model pembelajaran e-learning ini menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan eksperimen metode pembelajaran ini di sekolah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran ceramah materi Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA N 9 Semarang?, (2) bagaimanakah penerapan e-learning materi Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA N 9 Semarang?, (3) Bagaimana efektifitas pembelajaran sejarah dengan mengunakan model pembelajaran e-learning materi Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA N 9 Semarang?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan jumlah 135 siswa yang terbagi 4 kelas, sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposif sampling, kelas XI IPS 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu membandingkan hasil pretest dan postest yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disampaikan bahwa kedua kelompok baik eksperimen dan kontrol mempunyai variansi dan rata-rata yang sama secara statistik. Setelah kelompok eksperimen diberi perlakuan, kedua kelompok diberi tes soal. Berdasarkan hasil tes pada kedua kelompok, diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen adalah 85,29 dan kelompok kontrol adalah 70,59. Hasil pengujian kesamaan dua rata-rata data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakakn uji t diperoleh nilai thitung= 2,265>2,033 = ttabel. Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol karena e-learning menjadikan siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran e-learning, siswa dituntut aktif dan kritis dalam mencari sumber belajar sehingga memunculkan hal-hal sebagai berikut: (1) menimbulkan rasa kritis yang tinggi, (2) aktif dan rasa harga diri lebih tinggi, (3) percaya diri yang tinggi, (4) pemahaman yang lebih mendalam, (5) motivasi lebih besar, (6) hasil belajar lebih tinggi. Sutopo (2011:26-27) juga menyatakan model pembelajaran e-learning memiliki keunggulan antara lain sebagai berikut: (1) siswa lebih aktif mencari sumber belajar. (2) Daya tangkap siswa terhadap materi pembelajaran tidak tergantung guru. (3) Tersedianya fasilitas e-moderating, guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu. (4) Sumber belajar dapat diakses dengan mudah kapan dan dimana saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, e-learning, Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:38
Last Modified: 31 Oct 2013 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item