STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN MUSEUM KARTINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 JEPARA JAWA TENGAH


Diky Tia Agam, 3101408034 (2013) STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN MUSEUM KARTINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 JEPARA JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN MUSEUM KARTINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 JEPARA JAWA TENGAH]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN MUSEUM KARTINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 JEPARA JAWA TENGAH)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Jepara memiliki sebuah museum yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya sejarah. Museum ini bernama Museum Kartini dan dapat dimanfaatkan sebagai sebuah sumber belajar sejarah siswa. Museum Kartini sebagai salah satu museum di Kabupaten Jepara memiliki koleksi-koleksi yang berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa di kota Jepara. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana hasil belajar IPS materi Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara yang memanfaatkan Museum Kartini sebagai sumber belajar? (b) Bagaimana hasil belajar IPS materi Sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara yang tidak memanfaatkan Museum Kartini sebagai sumber belajar? (c) Adakah perbedaan pemanfaatan Museum Kartini sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Materi Sejarah pada Siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara Jawa Tengah? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan tujuan dalam penelitian ini, yakni untuk mengetahui Studi Komparasi museum kartini sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, statistik memegang peranan dalam menganalisa data-data penelitian untuk menjawab permasalahan penelitian. Pendekatan ini digunakan untuk melihat ada tidaknya Studi Komparasi antara variabel-variabel penelitian yang dijabarkan secara kuantitatif. Hasil penelitian menjadikan Perhitungan ketuntasan belajar ini mengacu pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang digunakan sekolah, yaitu sebesar 75. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,99 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 96,88% ≥85 %. Rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 74,03 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 16%<85%. Jadi hasil belajar kelompok eksperimen telah mencapai target ketuntasan kelas, sedangkan kelompok kontrol belum mencapai target ketuntasan. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pemanfaatan museum Kartini sebagai sumber belajar IPS materi Sejarah yang memanfaatkan Museum Kartini sebagai sumber belajar dapat dilihat dari hasil belajar dengan nilai rata-rata 81,99. Hasil belajar IPS materi sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara Jawa Tengah yang tidak memanfaatkann Museum Kartini Jepara dapat dilihat dari hasil belajar dengan nilai rata-rata 74,03. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Materi Sejarah pada Siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jepara Jawa Tengah, hal ini ditujukan dengan berbedanya hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan museum Kartini dengan siswa yang tidak diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan Museum Kartini sebagai sumber belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi pembelajaran dengan memanfaatkan museum Kartini telah mencapai ketuntasan hasil belajar. Sedangkan siswa yang tidak memanfaatkan Museum Kartini belum mencapai ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Museum Kartini, Hasil Belajar, Siswa
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:38
Last Modified: 31 Oct 2013 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item View Item