Keefektifan Strategi Crossword Puzzle pada Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal.


Retno Wijiastuti, 1401409392 (2013) Keefektifan Strategi Crossword Puzzle pada Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Strategi Crossword Puzzle pada Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal.]
Preview
PDF (Keefektifan Strategi Crossword Puzzle pada Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada pembelajaran IPS, khususnya di Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal, guru masih menerapkan strategi konvensional. Selama ini dalam mempelajari IPS siswa sering mengalami kebosanan. Untuk menghindari hal tersebut perlu dilakukan suatu perubahan supaya mata pelajaran IPS ini menjadi menyenangkan dan menarik untuk dipelajari. Dengan sikap senang tersebut diharapkan siswa dapat mencapai hasil yang optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran atau hasil pembelajaran. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran yaitu strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi crossword puzzle. Strategi ini memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, karena menyenangkan dan menyerupai bermain tebak kata melalui teka-teki silang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi antara yang menerapkan strategi crossword puzzle dan yang konvensional. Populasidalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal sebanyak 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, dengan 26 sampel dari kelas IVA dan 26 sampel dari IVB. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent samples t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai tes awal pada kelas eksperimen 47,95 dan kelas kontrol 45,13, sedangkan untuk rerata nilai tes akhir pada kelas eksperimen 78,72 dan kelas kontrol 67,69. Untuk hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,374 dan signifikannya sebesar 0,021. Harga ttabel dengan dk = 52 dan α = 0,025 yaitu 2,007. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,374 >2,007) atau signifikannya 0,021 < 0,025, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa kelas IV SD Negeri Jatimulya 02 Kabupaten Tegal yang mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan strategi crossword puzzle dan yang menerapkan strategi konvensional. Dengan demikian, disarankan kepada guru supaya menerapkan strategi crossword Puzzle dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Strategi Crossword Puzzle,danHasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:39
Last Modified: 31 Oct 2013 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18085

Actions (login required)

View Item View Item