PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG


Mustafa Kamal Ali, 1401409390 (2013) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401409390.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang pada pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara dari 35 siswa terdapat 16 atau 54,28% siswa mendapat skor di bawah KKM. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa digunakan metode role playing berbantuan media audiovisual dengan rumusan masalah “Apakah penggunaan metode role playing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang?”. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dengan menggunakan metode role playing berbantuan media audiovisual pada siklus satu 75% meningkat pada siklus dua menjadi 83%. Hasil tersebut sudah memenui indikator keberhasilan yang direncanakan. Selain itu keterampilan berbicara siswa secara klasikal pada siklus satu 72,85% meningkat pada siklus dua menjadi 77,14%. Dan sudah mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal yaitu ≥ 75%, sehingga penelitian dicukupkan pada siklus dua. Guru sebaiknya menggunakan metode role playing berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara, role playing, audiovisual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:39
Last Modified: 31 Oct 2013 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item