PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIKAJAR KALIGONDANG PURBALINGGA


Hikmah Nur Arifah, 1402408273 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIKAJAR KALIGONDANG PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIKAJAR KALIGONDANG PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KALIKAJAR KALIGONDANG PURBALINGGA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikajar tahun pelajaran 2010/2011 pada materi Sifat-sifat Bangun Datar masih rendah atau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran yang berlangsung di kelas lebih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajarnya pun kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti berupaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikajar Kaligondang Purbalingga pada materi Sifat-sifat Bangun Datar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikajar Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non tes dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi nilai performansi guru minimal 71 (B), persentase aktivitas belajar siswa sekurang-kurangnya 75%, dan rata-rata nilai kelas ≥ 65 dengan persentase tuntas belajar klasikal sekurang-kurangnya 75%. Dari pelaksanaan siklus I diperoleh nilai performansi guru sebesar 84,33 (AB). Pada siklus II, nilai performansi guru meningkat menjadi 89,77 (A). Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 71,60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,98%. Peningkatan performansi guru dan aktivitas belajar siswa pada akhirnya turut meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, ratarata nilai hasil belajar siswa mencapai 71,43 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 65,22%. Sementara, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,56 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 82,61%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikajar Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012 pada materi Sifat-sifat Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas, dan Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2013 00:40
Last Modified: 01 Nov 2013 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item