PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 4 TEGAL


Nurman Tri Anggoro, 1402408271 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 4 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 4 TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 4 TEGAL)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran matematika materi bangun datar masih rendah. Hal itu disebabkan guru masih menggunakan media pembelajaran yang terlalu sederhana berupa kertas lipat menyebabkan aktivitas belajar rendah sehingga siswa kesulitan memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Macromedia Flash. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, tahapan tiap siklus yaitu perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan nontes, instrumen yang digunakan yaitu soal tes formatif siklus I dan II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, dan lembar pengamatan performansi guru. Penggunaan Macromedia Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa apabila rata-rata aktivitas belajar ≥ 75%, rata-rata hasil belajar siswa ≥ 60, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75% dan nilai performansi guru ≥ 71. Rata-rata aktivitas belajar klasikal pada siklus I sebesar 70,47%, pada siklus II meningkat menjadi 81,88%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,03 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 68 %, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,50 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 84%. Nilai performansi guru pada siklus I yakni mencapai 83,04 dengan kategori AB, pada siklus II meningkat menjadi 91,52 dengan kategori A. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas IV SD Negeri Tegalsari 4 Tegal melalui penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Media Pembelajaran, Macromedia Flash.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2013 00:40
Last Modified: 01 Nov 2013 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item