KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI PEKIRINGAN 02 KABUPATAN TEGAL


Farhan Fadoli, 1402408264 (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI PEKIRINGAN 02 KABUPATAN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI PEKIRINGAN 02 KABUPATAN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI PEKIRINGAN 02 KABUPATAN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di SD. Dalam pembelajaran IPA, guru masih menggunakan modelkonvensional seperti ceramah dan pemberian tugas, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran IPA. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams AchievementDivision (STAD)dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran IPA.Model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran dan mengembangkan sikap tanggung jawab melalui kerja kelompok untuk mencapai pemahaman dan hasil belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA antara siswa kelas V yang mendapatkanpembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADdan yang menggunakan modelkonvensionalpada materi Peristiwa Alam. Populasidalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal yang berjumlah 41 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas, dengan 19 sampel dari kelas VA dan 18 sampel dari VB. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design.Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas danCronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. MetodeLilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dikelas eksperimen pada pertemuan pertama sebesar 86.11% danpertemuan kedua yaitu93,42%.Keduanya termasuk kriteria sangat tinggi.sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 19.91% dan pertemuan kedua sebesar 21.14%. Keduanya termasuk kriteria rendah.Ini membuktikan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan di kelas kontrol.Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,127 dan signifikannya sebesar 0,041. Harga ttabel dengan dk = 35 dan α = 0,05 yaitu 2,030. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,127>2,030) atau signifikannya 0,041< 0,05, sehingga dapat disimpulkan perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Negeri Pekiringan 02 Kabupaten Tegal yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams AchievementDivision (STAD), Aktivitas, dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:43
Last Modified: 31 Oct 2013 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18076

Actions (login required)

View Item View Item