Keefektifan Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Kaligelang Taman Pemalang


Ruchiyati, 1402408263 (2012) Keefektifan Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Kaligelang Taman Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Kaligelang Taman Pemalang]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II SD Negeri 03 Kaligelang Taman Pemalang)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini guru dalam melakukan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II Sekolah Dasar belum menggunakan media dalam proses pembelajarannya. Tidak adanya media pembelajaran yang digunakan membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajarannya sehingga keterampilan menyimak siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan alternatif media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media audio. Rumusan masalah penelitian ini, “bagaimana keefektifan media audio dalam pembelajaran keterampilan menyimak dongeng pada siswa SD Negeri Kaligelang 03 Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang?” Populasi dalam penelitian ini siswa kelas II A dan II B SD Negeri 03 Kaligelang Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh. Data awal penelitian adalah nilai pretes kedua kelompok. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 67,27 dan kelompok kontrol adalah 65,23. Sampel berada pada keadaan yang sama. Data postes menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 78,86 dan kelompok kontrol 71,50. Berdasarkan uji normalitas terhadap nilai postes, diperoleh data kelompok eksperimen berdistribusi normal dan data kelompok kontrol berdistribusi tidak normal. Karena data postes berdistribusi tidak normal, maka tidak perlu dilanjutkan dengan uji homogenitas. Oleh karena itu, analisis hipotesis menggunakan Mann-Whitney U (Uji U). Dari hasil penghitungan uji U diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,046. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) tersebut di bawah 0,05, sehingga dapt disimpulkan H

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak Dongeng, Media Audio, Hasil Keterampilan Siswa Menyimak dongeng
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:50
Last Modified: 28 Oct 2013 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18075

Actions (login required)

View Item View Item