PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR


HARI AGUS PRASETYO, 1402408261 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS IVA SDN BENDAN NGISOR)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas IVA SDN Bendan Ngisor berlangsung dengan cara kurang variatif. Media dan alat peraga kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa dan guru. Diskusi kelompok juga jarang dilakukan, sehingga pembelajaran kurang efektif dan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IVA SD Bendan Ngisor. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Bendan Ngisor. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 41 dengan kategori baik dan pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi skor 51 dengan kategori baik. (2)aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 24,68 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 29,62 dengan kategori baik. (3)ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II >85% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Model STAD Berbantuan Komputer dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Saran bagi guru adalah STAD Berbantuan Komputer dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika; STAD; Komputer
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:51
Last Modified: 28 Oct 2013 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item