PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI MENDENGARKAN PENGUMUMAN MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG


Dewi Kurniyawati, 1402408257 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI MENDENGARKAN PENGUMUMAN MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI MENDENGARKAN PENGUMUMAN MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI MENDENGARKAN PENGUMUMAN MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas 4 SDN 01 Sikayu Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang pada materi mendengarkan pengumuman menunjukkan hasil kurang optimal. Hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan media pembelajaran. Implikasinya, aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 SDN 01 Sikayu masih jauh dari harapan. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan media audio dalam pembelajaran mendengarkan pengumuman. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar dan performansi guru pada siswa kelas 4 SDN 01 Sikayu Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi mendengarkan pengumuman. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik tes dan nontes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu pre test, tes formatif pada tiap pertemuan, dan post test. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes berupa angket, hasil pengamatan aktivitas belajar siswa, dan pengamatan performansi guru. Nilai rata-rata kelas menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test mencapai 63,55, dengan ketuntasan belajar klasikal 25,58%. Nilai rata-rata post test mencapai 80,33 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 74,89 meningkat pada siklus II menjadi 84. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 92,22% pada siklus II . Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 68,96% meningkat pada siklus II menjadi 77,93%. Nilai performansi guru pada siklus I sebesar 71,25 meningkat pada siklus II menjadi 82,75. Penerapan media audio telah berhasil meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia materi mendengarkan pengumuman pada siswa kelas 4 SD Negeri 01 Sikayu kecamatan Comal kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, mendengarkan pengumuman, media audio, siswa sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:42
Last Modified: 31 Oct 2013 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item View Item