PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 JATINGARANG BODEH PEMALANG


Tri Atmojo, 1402408246 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 JATINGARANG BODEH PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 JATINGARANG BODEH PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 JATINGARANG BODEH PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bidang studi bahasa Indonesia memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Selain berbicara, Keterampilan menulis juga perlu ditingkatkan karena menulis juga merupakan media menyampaikan pesan. Kompetensi dasar menulis salah satunya yaitu menulis laporan pengamatan. Dari hasil pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri 03 Jatingarang, siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada kompetensi dasar menulis laporan pengamatan. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan, beberapa siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Kurang berhasilnya pembelajaran Bahasa Indonesia disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi untuk belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dengan harapan pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jatingarang 03 serta performansi guru dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Jatingarang 03 Bodeh Pemalang sebanyak 26 siswa. Sedangkan instrument yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada masing-masing siklus, pertemuan pertama digunakan untuk pembelajaran dan diakhiri refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, sedangkan pada pertemuan kedua digunakan untuk pembelajaran diakhiri dengan test evaluasi. Indikator yang ditetapkan antara lain; (1) Rata-rata kelas sekurang-kurangnya 62, (2) Persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 70%, (3) Keterlibatan/aktivitas siswa lebih dari 70%, dan (4) Skor performansi guru minimal B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Jatingarang 03 Bodeh Pemalang. Dengan demikian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan (2) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan performansi guru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar, serta mengembangkan penelitian ini di sekolah atau tempat lain agar mendapatkan temuan yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Laporan Pengamatan, Aktivitas dan Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:43
Last Modified: 31 Oct 2013 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item View Item