ONLINE SHOP SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA UNNES


Haning Dwi Pratiwi, 3401409050 (2013) ONLINE SHOP SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ONLINE SHOP SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA UNNES]
Preview
PDF (ONLINE SHOP SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA UNNES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan internet semakin populer dikacamata para generasi muda tak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa adalah bagian masyarakat yang sangat dekat dengan persoalan akses informasi dan dunia internet, online shop merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja. Pada setiap kesempatan online shop menjadi perbincangan oleh sebagian kalangan mahasiswa, lalu bagaimana dengan mahasiswa Unnes. Online shop memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya apakah hal itu yang membuat mahasiswa Unnes memilih untuk menggunakan online shop ataukah hal lain yang mendorong mahasiswa memilih online shop sebagai cara belanja. Tujuan yang hendak di capai (1) mendiskripsikan fenomena online shop dikalangan mahasiswa Unnes 2) mengetahui faktor yang mendorong mahasiswa Unnes memilih cara belanja dengan menggunakan online shop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah Mahasiswa Unnes yang menggunakan jasa online shop. Sumber data primer meliputi subjek penelitian yaitu mahasiswa yang terdiri dari 4 fakultas yang berbeda dan informan penelitian terdiri dari mahasiswa 5 jurusan dan 1 petugas layanan jasa pengiriman barang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online shop di kalangan mahasiswa Unnes memberikan berbagai perubahan cara belanja. Perubahan tersebut bukan hanya dari segi pola belanja namun adapula perubahan yang sangat terlihat yaitu perubahan pada penggunaan online shop untuk sebagian mahasiswa yang cenderung selalu menggunakan online shop sebagai cara belanja untuk memenuhi kebutuhan. Online shop sudah banyak menggantikan model belanja konvensional menjadi online shop. Online shop memberikan berbagai kemudahan sehingga dari 6 subjek penelitian terbukti bahwa 4 diantaranya menggunakan online shop untuk memenuhi kebutuhan Mahasiswa perempuan dalam menggunakan jasa online shop sebagai cara belanja lebih menekankan pemenuhan kebutuhan untuk membeli barang-barang seperti : pakaian, tas, sepatu dan kebutuhan pribadi lainnya. Mahasiswa laki-laki dalam menggunakan jasa online shop dalam memenuhi kebutuhan lebih menekankan pada konsumsi pemenuhan hobi seperti pembelian robot rakitan, alat olahraga dan pakaian yang dibutuhkan. Penggunaan online shop bukan hanya memberikan kemudahan namun adapula timbulnya masalah dalam penggunaanya yaitu adanya kekecewaan mahasiswa dalam menggunakan jasa online shop karena barang yang diinginkan tidak sesuai yang dikehendaki. Penulis dapat memberikan saran kepada para mahasiswa Unnes yang cenderung memilih online shop dalam memenuhi kebutuhan yaitu bahwa online shop memberikan berbagai kemudahan yang instan dalam transaksinya, selain itu juga sebagai bahan pertimbangan sebagian mahasiswa Unnes membuktikan bahwa online shop juga menimbulkan kekecewaan karena barang yang diinginkan tidak sesuai yang dikendaki. Kewasapadaan terhadap penggunaan online shop sebaiknya menjadi bahan pertimbangan bagi semua pihak yang menggunakan online shop sebagai cara belanja untuk pemenuhan kebutuhan. Saran yang di berikan kepada para pengguna jasa online shop adalah dengan menggunakan situs resmi yang terpercaya dan memilih kualitas barang yang tinggi ketika melakukan transaksi online shop. Online shop memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya oleh sebab itu disarankan kepada para pengguna jasa online shop harus lebih jeli memanfaatkan jasa tersebut dan memilih barang yang dapat digunakan secara fungsi barang tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Online Shop, Cara Belanja, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:38
Last Modified: 28 Oct 2013 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item View Item