PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI BERMAIN MUSIK SEDERHANA DALAM MENGIRINGI LAGU DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SD NEGERI MELUNG KABUPATEN BANYUMAS

Adi Nurcahyo, 1402408242 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI BERMAIN MUSIK SEDERHANA DALAM MENGIRINGI LAGU DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SD NEGERI MELUNG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI BERMAIN MUSIK SEDERHANA DALAM MENGIRINGI LAGU DAERAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SD NEGERI MELUNG KABUPATEN BANYUMAS)
Download (1377Kb)

    Abstract

    Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Melung Kabupaten Banyumas pada materi bermain musik sederhana dalam mengiringi lagu daerah tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa diketahui berdasarkan hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang tuntas belajar 63,2%. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar disebabkan karena siswa kurang memahami materi pelajaran, pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik, siswa kurang aktif dan kurang antusias ketika mengikuti pembelajaran seni musik. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa maka peneliti menggunakan model pembelajaran yang memungkinkan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu model pembelajaran langsung. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan di mana evaluasi siklus dilakukan pada akhir siklus. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan melalui penilaian performansi siswa bermain musik sederhana dalam mengiringi lagu daerah secara berkelompok. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Melung Kabupaten Banyumas pada semester II. Jenis data yang diambil yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan nontes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu persentase aktivitas belajar siswa sekurang-kurangnya 75%, ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya 75%, dan performansi guru minimal B (70). Penelitian yang telah dilakukan pada siklus 1 diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa mencapai 73,4%. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 25 siswa atau 65%, siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 15 siswa atau 35%, dan rata-rata hasil belajar mencapai 73,13. Nilai kemampuan guru pada siklus 1 mencapai 78,83 dengan kriteria AB. Berdasarkan hasil penelitian siklus 1 maka perlu dilanjutkan penelitian tindakan pada siklus 2 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian siklus 2 diperoleh hasil aktivitas belajar siswa 81,5%. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 37 siswa atau 92,5%, siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 7,5%, dan rata-rata kelas 80,4. Nilai kemampuan guru pada siklus 2 mencapai 96,71 dengan kriteria A. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pembelajaran langsung dapat diterapkan pada pembelajaran materi bermain musik sederhana dalam mengiringi lagu daerah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar siswa, dan performansi guru pada pembelajaran seni musik materi bermain musik sederhana dalam mengiringi lagu daerah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Seni Musik, Hasil Belajar, Pembelajaran Langsung
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:43
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:43

    Actions (login required)

    View Item