PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GAPURA WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG


Fajar Dayu Saputra, 1402408240 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GAPURA WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GAPURA WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GAPURA WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi drama siswa kelas V MI Gapura. Rendahnya hasil belajar bermain drama karena siswa tidak dilatih guru dalam memerankan tokoh drama, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memerankan drama dengan lafal, intonasi, ekspresi, dan penghayatan dengan tepat. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi drama siswa tidak memerankan, tetapi hanya sekedar membaca naskah. Pembelajaran dengan metode bermain peran (role playing) dipilih, karena selain melatih keberanian siswa untuk bermain drama, juga membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan kerjasama dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain drama pada siswa kelas V MI Gapura tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Jumlah siswa 18 anak, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian PTK dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes dan non tes. Sebelum diadakan penelitian peneliti mengadakan kegiatan prasiklus. Nilai yang diperoleh pada prasiklus sangat rendah, karena dari 18 siswa hanya ada 6 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MI Gapura. Berarti hanya 33,33% siswa yang tuntas KKM dan 66,66% siswa tidak tuntas KKM. Rata-rata kelas hanya mencapai 61,55. Upaya untuk meningkatan hasil belajar bermain drama, dilaksanakan dalam dua siklus untuk hasil yang memuaskan. Pada hasil siklus I diperoleh hasil belajar mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar pada prasiklus. Hasil rata-rata kelas pada siklus I adalah 67,13 jumlah yang memenuhi KKM 12 siswa (66,66%), aktivitas siswa 6,28 (69,78%) dan performansi guru 76,43 (B). Pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 84,53 jumlah yang memenuhi KKM sebanyak 18 siswa (100%), aktivitas siswa 7,72 (85,78%) dan performansi guru 89,04 (A). Peningkatan siklus I kesiklus II rata-rata kelas 5,58 dan persentase tuntas belajar klasikal 17,4 (33,34%), aktivitas siswa 1,14 (16%) dan performansi guru 12,61%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode Bermain Peran (Role Playing) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi drama kelas V MI Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drama, Hasil Belajar dan Metode Role Playing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2013 00:43
Last Modified: 01 Nov 2013 00:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item