PENGGUNAAN MEDIA ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS MATERI MENGENAL ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 01 WIYOROWETAN ULUJAMI PEMALANG

Agus Dermawanto, 1402408231 (2012) PENGGUNAAN MEDIA ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS MATERI MENGENAL ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 01 WIYOROWETAN ULUJAMI PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS MATERI MENGENAL ALAT MUSIK RITMIS DAN MELODIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 01 WIYOROWETAN ULUJAMI PEMALANG)
Download (1568Kb)

    Abstract

    Aktivitas dan hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan materi mengenal alat musik ritmis dan melodis siswa kelas V SD Negeri 01 Wiyorowetan Kabupaten Pemalang pada tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Dilihat dari hasil tes awal yang dilakukan guru didapatkan data hasil tes awal dari 32 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 hanya 10 siswa, sementara 22 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Dikarena pembelajaran yang terpusat pada guru. Metode pembelajaran yang digunakan guru lebih didominasi dengan metode ceramah. Guru perlu menggunakan model pembelajaran yang lebih menitik beratkan pada keaktifan siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 01 Wiyorowetan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 32 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ratarata nilai hasil belajar siswa minimal 75, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, persentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 69,10%, rata-rata nilai hasil belajar siswa 82,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 65,63%, persentase dan nilai performansi guru 75,45 (B). Pada siklus II nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 78,78%, rata-rata nilai hasil belajar siswa 83,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,38%, , dan nilai performansi guru 82,83 (AB). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran alat musik ritmis (rebana) dan melodis (pianika) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya seni musik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Alat Musik Ritmis dan Melodis, Aktivitas dan Hasil Belajar, Mengenal Alat Musik Ritmis dan Melodis
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:44
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:44

    Actions (login required)

    View Item