PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG


WAHYU MARTHA SETYANI, 1401409382 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DENGAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 01 KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS pada hakikatnya adalah telaah tentang manusia dan dunianya, yang dipelajari dari lingkup terdekat individu. Keluarga merupakan materi awal dari IPS yang dapat dipelajari secara langsung dengan mengaktifkan siswa, sehingga pembelajaran akanbermakna bagi siswa. Hasil observasi dan refleksi, menunjukkan bahwa pembelajaran IPS kurang berkualitas, ditunjukkan oleh minat siswa kurang,sehingga aktivitas siswa rendah, pembelajaran berpusat pada guru dan kurang inovatif, ketuntasan hasil belajar klasikal siswa hanya 43,2%.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan strategi pembelajaran concept mapping dengan audiovisual, dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Penerapan strategi concept mapping dengan audiovisualini memudahkan siswa mempelajari materi dan memotivasi siswa untuk belajar dengan adanya media audiovisual, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan setiap siklusnya satu pertemuan yang terdiri dari empat tahap:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Dengan subjek: peneliti sebagai guru dan siswa kelas II sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 26 (65%) kategori baik, pada siklus II mendapat skor 30 (75%) kategori baik, dan pada siklus III mendapat skor 35 (87,5%) kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 23,4 (58,5%), kategori cukup, pada siklus II mendapat skor rata-rata 29,1 (72,8%) kategori baik, dan pada siklus III mendapat skor 33,6(84%), kategori baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 56,8%, kategori cukup, pada siklus IIketuntasan klasikal mencapai 70,5%, kategori baik, pada siklus III ketuntasan klasikal sebesar 79,5%, kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu kriteria keterampilan guru dan aktivitas siswa sekurang-kurangnya baik (80%) dan ketuntasan hasil belajar klasikal ≥ 75% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi concept mapping dengan audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada kelas II SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Saran bagi guru agar strategi pembelajaran concept mapping dengan audiovisual dapat digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas II.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pembelajaran,IPS, concept mapping,audiovisual
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:05
Last Modified: 28 Oct 2013 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item