PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Produk Honda Jazz pada Honda Tegal Raya)


Diah Ayu Permanasari , 7350408038 (2013) PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Produk Honda Jazz pada Honda Tegal Raya). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Produk Honda Jazz pada Honda Tegal Raya)]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Produk Honda Jazz pada Honda Tegal Raya))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan sebuah perusahaan adalah dengan melakukan promosi melalui media iklan untuk mendongkrak penjualan. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan volume penjualan Honda Tegal Raya masih fluktuatif dan sering tidak dapat mencapai target yang ditetapkan. Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat mencapai target penjualan, adanya permasalahan yaitu adakah pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian. Maka dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Honda Jazz pada Honda Tegal Raya. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sebanyak 42 orang. Variabel penelitian terdiri dari media iklan sebagai variabel bebas serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil uji parsial variabel media iklan diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan demikian hipotesis diterima. Pada hasil uji t diperolehnilai X = 3,268 signifikansi = 0,000< 5 %, jadi hipotesis yang berbunyi ada pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian diterima. Simpulan penelitian ini yaitu media iklan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam hal ini indikator radio memiliki konstribusi tertinggi terhadap keputusan pembelian sedangkan konstribusi terendah adalah reklame. Urutan ranking indikator-indikator media iklan adalah radio, internet, brosur, dan reklame. Saran penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Sebaiknya bagi Dealer Honda Tegal Raya : a) dapat mempromosikan melalui reklame menjadi lebih menarik yaitu dengan gambar yang terlihat jelas dan memberikan informasi yang lengkap atau dapat menggunakan reklame digital agar lebih menarik. b) internet tidak hanya melalui blog tetapi dapat melalui jejaring sosial seperti facebook atau twitter serta dapat memberikan informasi yang lengkap. c) brosur ditingkatkan lagi dengan menyebarkan brosur tidak hanya dipameran saja tetapi dapat dilakukan di tempat – tempat keramaian tertentu. 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara mengkaji atau menambah variabel lain seperti persepsi nilai, kualitas produk, harga, distribusi ataupun yang lain untuk keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Iklan, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:22
Last Modified: 28 Oct 2013 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item View Item