PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PAKINTELAN 03

ANGGITA ENDAH DWI HATMI, 1401409380 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PAKINTELAN 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PAKINTELAN 03)
Download (3968Kb)

    Abstract

    Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pakintelan 03 ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis di kelas IV. Hal ini disebabkan metode pembelajaran kurang efektif, media kurang memadai, dan minat siswa dalam menulis rendah dengan ketuntasan klasikal 47%. Penerapan model Think Talk Write dengan media visual digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kelas IV. Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah apakah model Think Talk Write dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis di kelas IV SDN Pakintelan 03? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model Think Talk Write dengan media visual pada kelas IV SDN Pakintelan 03. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui model Think Talk Write dengan media visual berdasarkan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pakintelan 03. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 12,8 dengan kategori cukup meningkat pada siklus I pertemuan 2 memperoleh skor rata-rata 15,4 dengan kategori baik. Diperbaiki pada siklus II pertemuan I memperoleh skor rata-rata 16,8 dengan kategori baik meningkat pada siklus II pertemuan 2 memperoleh skor rata-rata 18,7 dengan kategori baik. (2) ketuntasan klasikal keterampilan menulis siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 25% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus I pertemuan 2 sebesar 33% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 1 ketuntasan sebesar 48% dengan kategori baik meningkat pada siklus II pertemuan 2 sebesar 96% sangat baik. Simpulan dari peneliti adalah penerapan model Think Talk Write dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan deskripsi. Peneliti memberikan saran pada guru sebaiknya dalam menggunakan model pembelajaran harus bervariasi sesuai dengan materi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: menulis karangan deskripsi, Think Talk Write, visual, siswa kelas IV
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:24
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:25

    Actions (login required)

    View Item