FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN. (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KOTA SALATIGA)

ADITYA PRAMUDITA, 7250408037 (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN. (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KOTA SALATIGA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN. (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KOTA SALATIGA))
Download (2438Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi para pegawai pemerintah di instansi pemerintahan mengenai kecenderungan terjadinya fraud di sektor pemerintahan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap fraud di sektor pemerintahan, (2) Bagaimana pengaruh keefektifan sistem pengendalian internal terhadap fraud di sektor pemerintahan, (3) Bagaimana pengaruh komitmen organisasi terhadap fraud di sektor pemerintahan, (4) Bagaimana pengaruh kesesuaian kompensasi terhadap fraud di sektor pemerintahan, (5) Bagaimana pengaruh budaya etis organisasi terhadap fraud di sektor pemerintahan, (6) Bagaimana pengaruh penegakan hukum terhadap fraud di sektor pemerintahan. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 111 pegawai instansi pemerintahan di Kota Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh negatif antara gaya kepemimpinan dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara keefektifan pengendalian internal dengan fraud di sektor pemerintahan, tidak terdapat pengaruh antara komitmen organisasi dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara kesesuaian kompensasi dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara budaya etis organisasi dengan fraud di sektor pemerintahan, tidak terdapat pengaruh antara penegakan hukum dengan fraud di sektor pemerintahan. Saran dalam penelitian ini, kepada instansi pemerintah di Kota Salatiga yaitu diharapkan dapat memberikan penghargaan yang sesuai bagi pegawai yang berprestasi. Diharapkan bagi pemimpin instansi pemerintahan untuk memberikan wewenang dan tanggug jawab secara adil. Diharapkan bagi para pegawai instansi pemerintahan untuk dapat meningkatkan rasa bangga mereka terhadap organisasi. Diharapkan bagi pemimpin instansi pemerintahan untuk dapat memberikan kenaikan jabatan secara adil. Diharapkan bagi semua pegawai instansi pemerintahan untuk menjalankan nilai-nilai dan aturan etis yang berlaku. Diharapkan bagi pemerintahan pusat untuk membuat hukum yang berlaku di tiap instansi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Fraud, Persepsi, Sektor Pemerintahan
    Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
    K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:52
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:53

    Actions (login required)

    View Item