PENGARUH HARGA TIKET ONLINE dan PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG LION AIR


Herliyana, 7350408002 (2013) PENGARUH HARGA TIKET ONLINE dan PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG LION AIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HARGA TIKET ONLINE dan PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG LION AIR]
Preview
PDF (PENGARUH HARGA TIKET ONLINE dan PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG LION AIR)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lion Air sebagai salah satu penerbangan di Indonesia yang sukses mengambil positioning sebagai low cost carrier (LCC) yaitu penerbangan dengan harga murah yang semakin mempermudah pelanggan untuk mencapai tujuan. Namun di sisi lain, dengan tarif yang murah tersebut sering kali mengabaikan kualitas pelayanan (service), bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah menyebabkan berkurangnya kualitas pemeliharaan (maintenance) pesawat sehingga rawan terhadap keselamatan penerbangan dan akan berdampak kurang baik terhadap keamanan, kenyamanan, keselamatan dan perlindungan konsumen. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian sebagai berikut: Adakah pengaruh harga tiket online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air, adakah pengaruh pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air, adakah pengaruh harga tiket online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air secara simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh harga tiket online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air, adanya pengaruh pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air, adanya pengaruh harga tiket online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan pesawat terbang Lion Air dan membeli tiket pesawat secara online. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 160 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda sebesar Y = 13,864+0,780X1+0,411X2+e. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh harga dan pelayanan yang positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air baik secara parsial maupun simultan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya perusahaan lebih memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen terkait keamanan, keselamatan, kenyamanan, ketepatan waktu dan perlindungan konsumen. Semua dilakukan agar konsumen semakin meningkat untuk menggunakan jasa transportasi pesawat terbang Lion Air.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HargaTiket Online, Pelayanan, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:32
Last Modified: 28 Oct 2013 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item View Item