PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PENGUMUMAN MELALUI MEDIA CETAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 PEGUYANGAN PEMALANG

Abdul Rois Nawawi, 1402408229 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PENGUMUMAN MELALUI MEDIA CETAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 PEGUYANGAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PENGUMUMAN MELALUI MEDIA CETAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 PEGUYANGAN PEMALANG)
Download (1822Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SD Negeri 01 Peguyangan Pemalang ditemukan masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini terlihat ketika guru dalam menyampaikan materi dominan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Siswa di kelas merasa jenuh dan cenderung bosan serta tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 01 Peguyangan Pemalang, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan materi menulis pengumuman siswa kelas IV dianggap kurang berhasil. Informasi yang diperoleh rata-rata kelas masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan target KKM kelas harus mencapai 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah melalui media cetak dapat meningkatkan hasil belajar menulis pengumuman pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Peguyangan Pemalang?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis pengumuman pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Peguyangan Pemalang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Peguyangan tahun pelajaran 2011/2012. Siswa kelas IV SD Negeri 01 Peguyangan berjumlah 47 siswa, terdiri dari 27 laki-laki dan 20 Perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar menulis pengumuman menggunakan media cetak mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70,21% dan siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 87,23%. Hasil rata-rata belajar menulis pengumuman pada siklus I sebesar 72,38 dan siklus II sebesar 80,13. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis pengumuman melalui media cetak mengalami peningkatan. Siklus I rata-rata aktivitas siswa 2,7 dan siklus II menjadi 3,4. Performansi guru pada pembelajaran menulis pengumuan menggunakan media cetak mengalami peningkatan. Siklus I nilai performansi guru sebesar 66,25 dan berkategori BC (cukup baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 75 dan berkategori B (baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media cetak dapat meningkatkan hasil belajar menulis pengumuman, aktivitas siswa, dan performansi guru. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan media cetak sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Cetak
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 31 Oct 2013 13:45
    Last Modified: 31 Oct 2013 13:45

    Actions (login required)

    View Item