PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG


Diandaris Nurhandika Rahman, 7350407068 (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMANCINGAN NGREMBEL ASRI GUNUNGPATI SEMARANG)
Download (717kB) | Preview

Abstract

Taman rekreasi atau Agro Wisata merupakan salah satu elemen yang penting dalam proses pemenuhan kebutuhan akan rekreasi dan wisata. Meningkatnya kebutuhan akan tempat rekreasi yang terjangkau mendotrong pertumbuhan tempat wisata agro untuk mengembangkan diri. Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Jika konsumen merasa puas, ia akan memperlihatkan peluang besar untuk melakukan pembelian ulang. Berdasakan kenyataan tertesebut peneliti tertarik mengkaji permasalahan : bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, persepsi harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Pemancingan Ngrembel Asri Gunungpati Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang mengkonsumsi produk Pemancingan Ngrembel Asri Gunungpati Semarang. Sedangkan ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus Iterasi dan diperoleh besarnya sampel 120 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan, fasilitas, persepsi harga dan lokasi sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen, variabel fasilitas memberikan pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen, variabel persepsi harga memberikan pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen, variabel lokasi memberikan pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan : Yˆ = 2,994 – 0,063 X1 – 0,094 X2+1,038 X3+0,301 X4. Uji keberartian persamaan regresi dengan analisis varian untuk regresi diperoleh F hitung = 204,329 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, persepsi harga, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji secara parsial diperoleh thitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar -2,673 dengan signifikansi 0,009, untuk variabel fasilitas diperoleh thitung sebesar -2,526 dengan signifikansi 0,013 untuk variabel persepsi harga diperoleh thitung sebesar 18,472 dengan signifikansi 0,000 dan untuk variabel lokasi diperoleh thitung sebesar 10,219 dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, fasilitas,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Persepsi Harga, Lokasi Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:43
Last Modified: 28 Oct 2013 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item View Item