ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SETELAH RELOKASI DI PASAR PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG

Aditya Septian Pratama, 7450408062 (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SETELAH RELOKASI DI PASAR PURWOYOSO KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1840Kb)

    Abstract

    Keberadaan pasar, khususnya yang tradisional, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonorni masyarakat di suatu wilayah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh antara modal terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang? Adakah pengaruh antara jam berdagang terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang? Adakah pengaruh antara lokasi yang baru terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso? Adakah pengaruh antara modal, jam berdagang, dan lokasi yang baru terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang? Populasi penelitian yaitu pedagang pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang yaitu sebanyak 108 pedagang. Jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan berjumlah 52 pedagang. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket. Teknik analisis regresi berganda menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F) pada level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai Ftabel didapat dari df1 = 3 dan df2 = 48 dengan alpha = 0,05 artinya kita mengambil risiko salah dalam mengambil keputusan untuk menolak hipotesis yang benar sebanyakbanyaknya 5%. Tabel 4.14 menunjukkan bahwa diperoleh nilai Fhitung sebesar 26,731 dikarenakan nilai Fhitung (26,731) > Ftabel (2,733) atau besarnya probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari modal, jam dagang dan lokasi sebagai variabel bebas secara simultan (bersama-sama) terhadap pendapatan pedagang sebagai variabel terikat. Simpulan dari penelitian ini adalah Bahwa modal berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang. Bahwa jam dagang tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang. Bahwa lokasi berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang. Bahwa ada pengaruh antara modal, jam berdagang, dan lokasi yang baru terhadap pendapatan pedagang Pasar Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Semarang. Besarnya pengaruh sebesar sebesar 60,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang ada diluar model sebesar 39,8 %. Saran penelitian ini bagi pedagang hendaknya melakukan menambah modal sehingga kebutuhan untuk perdagangan dapat dipenuhi sehingga pedagang akan semakin berkembang dengan baik dan akan dapat mendapatkan keuntungan lebih banyak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Modal , lokasi berdagang, jam berdagang, pendapatan Pedagang Pasar
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 13:58
    Last Modified: 19 May 2014 13:58

    Actions (login required)

    View Item