PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN NGIJO 01GUNUNGPATI


AGUS ALEG SETIAWAN, 1401409375 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN NGIJO 01GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN NGIJO 01GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN NGIJO 01GUNUNGPATI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan nilai-nilai luhur dan moral berdasarkan pada budaya bangsa Indonesia. Berdasarkan pengamatan penulis, diketahui bahwa pembelajaran PKn yang berlangsung belum menggunakan model yang variatif, pemanfaatan media kurang optimal, siswa kurang fokus terhadap materi. Hal ini ditunjukkan 16 dari 25 siswa yang belum mencapai KKM 65. Memperhatikan beberapa kendala tersebut, peneliti ingin memperbaiki kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), model pembelajaran ini merupakan model yang menggabungkan antara pembelajaran kooperatif dengan pengajaran individual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran TAI berbantukan media microsoft office power point dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di Kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan tiap siklusnya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Ngijo 01 Gunungpati, sebanyak 25 siswa, yaitu 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 20 rata-rata 2,5 kriteria cukup, siklus II diperoleh skor 26 rata-rata 3,25 kriteria baik, siklus III skor 30 rata-rata 3,75 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 21 kriteria baik, siklus II 23 kriteria baik, siklus III skor 27 kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66 ketuntasan klasikal 64%, siklus II sebesar 73,6 ketuntasan klasikal 80%, siklus III sebesar 90 ketuntasan klasikal 96%. Simpulan hasil penelitian yakni melalui model TAI berbantukan media microsoft office powerpoint mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Hendaknya model pembelajaran team accelerated instruction berbantuan media microsoft office powerpoint dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PKn, Team Accelerated Instruction, Powerpoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 18:01
Last Modified: 19 May 2014 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18026

Actions (login required)

View Item View Item