PEREMPUAN DALAM KOTAK AJAIB (RELASI ANTARA KONSTRUKSI GENDER DALAM IKLAN TELEVISI DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT)


Risky Ariyani, 3401409028 (2013) PEREMPUAN DALAM KOTAK AJAIB (RELASI ANTARA KONSTRUKSI GENDER DALAM IKLAN TELEVISI DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEREMPUAN DALAM KOTAK AJAIB (RELASI ANTARA KONSTRUKSI GENDER DALAM IKLAN TELEVISI DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT]
Preview
PDF (PEREMPUAN DALAM KOTAK AJAIB (RELASI ANTARA KONSTRUKSI GENDER DALAM IKLAN TELEVISI DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan media yang paling mempengaruhi bentuk ideologi. Diakui atau tidak, saat ini iklan sudah menjadi wacana yang mengilhami, menyihir kesadaran orang untuk mengikuti citra yang ditawarkannya. Dalam representasi perempuan dalam iklan, perempuan selalu dilekatkan dengan peran domestik dan beban ganda perempuan. Kecenderungan iklan yang menampilkan perempuan secara tidak proporsional, akhirnya membentuk suatu anggapan bahwa ada bias gender dalam iklan yang menampilkan perempuan. Adanya makna-makna tersembunyi yang bias lewat representasi iklan-iklan tertentu. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konstruksi gender yang muncul di masyarakat terkait dengan keberadaan iklan televisi yang menampilkan perempuan, 2) Bagaimana perempuan merespon dan memaknai keberadaan iklan televisi yang menampilkan sosok perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sekaran, Gunung Pati, Semarang. Dengan subjek penelitiannya adalah perempuan di Kelurahan Sekaran. Adapun spesifikasi dari subjek penelitian di atas, yaitu yang pertama mahasiswa perempuan di Kelurahan Sekaran, yang kedua perempuan yang bekerja dan yang ketiga adalah ibu rumah tangga. Metode yang digunakan adalah dengan metode penelitian kualitatif, namun dalam penelitian ini menuliskan juga data olahan berupa tabel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, setelah pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga alur kegiatan dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sumber data penelitian terutama yang digunakan adalah dari subjek penelitian, informan, yang ditunjang dengan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga (3) bentuk konstruksi gender dalam masyarakat terkait dengan keberadaan perempuan dalam iklan televisi. Yaitu yang pertama, konstruksi perempuan tentang konsep kecantikan, kedua konstruksi perempuan tentang peran domestik, dan yang ketiga adalah konstruksi perempuan tentang tubuh perempuan sebagai objek seksual laki-laki. Konstruksi yang muncul di masyarakat adalah konstruksi yang bersifat patriarkis. Disini dapat disimpulkan bahwa iklan bukan hanya cerminan realitas, namun meletakkan realitas seacara bersama-sama sehingga dianggap proses konstruksi perempuan dalam iklan televisi adalah sesuatu yang memang wajar, dan tidak dibuat-buat. Media iklan memperteguh atau memperkukuh konstruksi patriarkis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Perempuan, dan Hegemoni
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:59
Last Modified: 19 May 2014 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item