PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL


Dwi Febri Setianto, 1401409374 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal yang selama ini dilakukan cenderung memaksimalkan peran guru dan meminimalkan keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran modelling the way untuk membelajarkan materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif, yang diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes awal dan tes formatif pada tiap siklus. Data hasil non tes merupakan data hasil pengamatan terhadap performansi guru dan aktivitas siswa. Rata-rata nilai dalam pembelajaran yang semula hanya 54,85 meningkat menjadi 77,57 pada tes akhir dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 26,47% menjadi 88,23%. Selain itu, rata-rata nilai pada siklus I yang semula hanya 70,59 meningkat pada siklus II menjadi 76,91, ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 79,41% menjadi 91,18%. Persentase aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 75,62% dengan kriteria sangat tinggi meningkat pada siklus II menjadi 78,23% dan telah mencapai kriteria sangat tinggi juga. Perolehan nilai performansi guru melalui APKG I dan II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan perolehan nilai akhir pada siklus I yang mencapai 77,295 meningkat pada siklus II menjadi 90,100. Penerapan model pembelajaran modelling the way telah berhasil meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran modelling the way dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktivitas dan Hasil Belajar, Modeling the Way
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 18:02
Last Modified: 19 May 2014 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18022

Actions (login required)

View Item View Item