ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN UANG DI INDONESIA TAHUN 1999 : Q1 – 2010 : Q4 DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM)


Inung Oni Setiadi, 7450408016 (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN UANG DI INDONESIA TAHUN 1999 : Q1 – 2010 : Q4 DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN UANG DI INDONESIA TAHUN 1999 : Q1 – 2010 : Q4 DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM) ]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN UANG DI INDONESIA TAHUN 1999 : Q1 – 2010 : Q4 DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM) ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Uang mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian modern. Fungsi permintaan uang sering digunakan oleh Bank Sentral di berbagi negara sebagai salah satu alat untuk mengetahui target pertumbuhan uang atau jumlah uang beredar. Peningkatan jumlah uang beredar yang berlebihan dapat mendorong peningkatan harga melebihi tingkat yang diharapkan sehingga dalam jangka panjang dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, apabila peningkatan jumlah uang beredar rendah maka kelesuan ekonomi akan terjadi. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang di Indonesia dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini menggunakan data runtut waktu atau time series periode 1999 : Q1- 2010 : Q4. Data yang digunakan adalah data kuartalan. Model analisis yang digunakan adalah alat analisis ekonometrika model koreksi kesalahan (Error Correction Model/ECM). Model ini dapat menjelaskan perilaku jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil penelitian menunjukkan (1) variabel inflasi dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia. (2) variabel suku bunga dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan tidak signifikan dan jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia. (3) variabel PDB dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan dan dalam jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia. (4) Error Corection Term bertanda positif dan signifikan mengindikasikan model yang digunakan valid dan dapat digunakan mengestimasi permintaan uang di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel inflasi signifikan dalam mempengaruhi permintaan uang di Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Suku bunga dan PDB dalam jangka pendek tidak signifikan, sedangkan dalam jangka panjang keduanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap permintaan uang di Indoneisa. Bank Indonesia sebagai otoritas moneter di Indonesia diharapkan menjaga stabilitas moneter melalui pengawalan terhadap inflasi, karena hasil penelitian baik dalam jangka pendek dan jangka panjang inflasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permintaan Uang, Inflasi, Suku Bunga, Produk Domestik Bruto, Model Koreksi Kesalahan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 18:02
Last Modified: 19 May 2014 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item