.Keefektifan Penggunaan Multimedia Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal.


Wiwit Prio Prasojo, 1401409362 (2013) .Keefektifan Penggunaan Multimedia Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of .Keefektifan Penggunaan Multimedia Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal.]
Preview
PDF (.Keefektifan Penggunaan Multimedia Microsoft Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pengembangan pengetahuan, sikap, nilai, moral, dan keterampilan siswa agar menjadi manusia yang mampu menjalani kehidupan bermasyarakat. Dalam pembelajaran IPS, masih banyak guru SD Pesayangan 01 menggunakan media yang kurang menarik minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran IPS di kelas sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat memaksimalkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satu alternatif media pembelajaran yang mungkin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah multimedia.Multimedia mempunyai kelebihan yaitu bersifat multisensorik karena dapat merangsang banyak indera melalui berbagai format media yang lengkap yaitu teks, animasi, gambar, video, dan suara, sehingga dapat mengarah ke perhatian dan tingkat retensi yang lebih baik. Dari uraian latar belakang, dapat dirumuskan masalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 antara yang mendapat pembelajaran menggunakan multimedia microsoft powerpoint dengan yang mendapat pembelajaran menggunakan media konvensional (buku teks, papan tulis, dan gambar)?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 antara yang mendapat pembelajaran menggunakan multimedia microsoft powerpoint dengan yang mendapat pembelajaran menggunakan media konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 50 siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegalyang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA25 siswa dan kelas IVB 25 siswa. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random samplingyaitu 22 siswa dari kelas IVA yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa dari IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Data awal penelitian menggunakan nilai pretes siswa yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 52,50, sedangkan kelas kontrol sebesar 55,68. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental designdengan bentuk nonequivalent control group design. Uji instrumen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data meliputi uji normalitas dengan uji Kolmogorov

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Media Pembelajaran, MultimediaMicrosoft Powerpoint
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:38
Last Modified: 22 May 2014 10:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item View Item