PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Pengusaha Keramik di Sentra Kerajinan Keramik di Banjarnegara)

Alfian Lisdias Ismanto , 7350406509 (2013) PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Pengusaha Keramik di Sentra Kerajinan Keramik di Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Pengusaha Keramik di Sentra Kerajinan Keramik di Banjarnegara))
Download (3006Kb)

    Abstract

    Pengusaha di sentra kerajinan keramik di Kec. Purworejo Klampok, Kab. Banjarnegara mengalami penurunan profitabilitas yang menarik untuk diteliti lebih lanjut sebab keuntungan merupakan sebuah hal penting dalam suatu kegiatan usaha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh manajemen modal kerja (efiensi kas, piutang dan persediaan) terhadap profitabilitas pengusaha di sentra kerajinan keramik tersebut secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen modal kerja (efisiensi kas, piutang, dan persediaan) terhadap profitabilitas pedagang keramik di sentra kerajinan keramik Kec. Purworejo Klampok, Kab. Banjarnegara. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha keramik yang terdapat di Kec. Purworejo Klampok, Kab. Banjarnegara yaitu sebanyak 31 pengusaha. Terdapat empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu efeisiensi kas, efisiensi piutang, efisiensi persediaan sebagai variabel bebas dan profitabilitas sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kusioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif persentase, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolienaritas dan uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan persamaan Y = 0,304 + 0,002 X1 + 0,005 X2 – 0,003 X3. Uji F memperoleh hasil Fhitung sebesar 4,974 dengan taraf signifikansi 0,007, sedangkan uji t memperoleh hasil thitung sebesar 0,002 dengan taraf signifikansi 0,505 untuk efisiensi kas, thitung sebesar 0,005 dengan taraf signifikansi 0,159 untuk efisiensi piutang, thitung sebesar - 0,003 dengan taraf signifikansi 0,002 untuk efisiensi persediaan. Koefisien determinasi memperoleh hasil sebesar 0,284 yang berarti 28,4 % profitabilitas pengusaha di sentra kerajinan keramik di Kec. Purworejo Klampok, Kab. Banjarnegara dipengaruhi oleh manajemen modal kerja (efisiensi kas, piutang, dan persediaan), sedangkan sisanya 71,6 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel dalam penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Manajemen Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:38
    Last Modified: 22 May 2014 06:38

    Actions (login required)

    View Item